Barang-barang yang bisa dikirim dan tidak bisa dikirim

BARANG YANG BISA DIKIRIM

GENCO ( General Cargo) Adalah Barang – Barang yang pada umumnya memiliki sifat yang tidak membahayakan, busuk ataupun mati. Jenis barang yang termasuk dalam kategori General Cargo ini tidak memerlukan penanganan khusus. Contohnya: Garment, Textile, Sparepart, Furnitur dan lain-lain.

1.      BARANG YANG TIDAK BISA DIKIRIM

1)      DANGEROUS GOODS ( BARANG BERBAHAYA)

                                                                                 I.            BAHAN PELEDAK ( EXPLOSIVES)
Adalah Barang atau Bahan Yang Mudah Meledak Contohnya: Dinamit, TNT, Nitrogliserin, Amunisi, Kembang Api, Peluru Dan Lain – Lain Sejenisnya.

                                                                               II.            BAHAN GAS ( GASES)
Adalah Semua Bahan Gas Termasuk Gas Yang Telah Di Kompresi, Baik itu Gas Mudah Terbakar, Gas Tidak Mudah Terbakar (Telah Dikompresi), Gas Beracun Contohnya: Acetylene, Hydrogen, Propane, Nitrogen, Neon, Carbon Dioxide, Fluorine, Chlorine, Hydrogen Cyanide, Aerosol.

                                                                             III.            BAHAN CAIR MUDAH TERBAKAR ( FLAMMABLE LIQUIDS)
Adalah Benda Cair Yang Mudah Terbakar Dibawah Suhu 35 Derajat Celcius dan Tekanan dibawah 101.3 kPa Contohnya: Diethyl Ether, Carbon Disulfide, Gasoline (Bensin), Acetone, Kerosene, Paraffin, Diesel (Solar).

                                                                            IV.            BAHAN PADAT MUDAH TERBAKAR (FLAMMABLE SOLIDS)
Adalah Bahan Padat Yang Mudah Terbakar Akibat Gesekan. Contohnya: Korek Api, Phospor, Kalsium Karbid, Magnesium, Sodium, Potassium.

                                                                              V.            BAHAN RENTAN OKSIDASI
Adalah Bahan yang Bila Terkena Oksigen Mempunyai Daya Rusak Contohnya: Kalsium Klorat, Ammonium Nitrate, Hydrogen Peroxide, Potassium Permanganate, Benzoyl Peroxide, Organic Peroxides.

                                                                            VI.            BAHAN BERACUN DAN MENULAR
Adalah zat padat atau cair yang bila di hirup atau di telan akan menyebabkan kematian. Berupa barang-barang yang mengandung racun yang merupakan bahan dan formulasi yang dapat menyebabkan kerusakan kesehatan akut atau kronis dan bahkan kematianpada konsentrasi sangat rendah jika masuk ke tubuh melalui inalasi melalui mulut (ingestion), atau kontak dengan kulit. Contohnya: Kalium Sianida, Hydrogen Sulfida, Nitrobenzenedan Atripin

                                                                           VII.            BAHAN RADIOAKTIF
bahan atau barang atau benda yang memancarkan sinar radiasi sehingga membahayakan bagi manusia, hewan, dan barang Contohnya: Uranium, Plutonium.

                                                                         VIII.            BAHAN KOROSIF
Adalah Zat yang dapat melarutkan jaringan organik atau menimbulkan korosi (karat) pada bahan yang dapat merusak jaringan kulit atau mempunyai tingkat korosif yang tinggi. Contohnya: Asam Sulfat, Asam Klorida, Alkali-Kalium Hidroksida, Mercury, Battery Acids.

                                                                             IX.            BAHAN ATAU BARANG LAINNYA YANG DIANGGAP BERBAHAYA
Barang atau Benda Benda Lainnya Yang Dianggap Dapat Membahayakan Serta Dapat Menimbulkan Resiko Terhadap Manusia, Pesawat Apabila Tidak Ditangani dengan Baik dan Benar.

2)      LIVE ANIMAL (AVI)
Adalah jenis kiriman yang meliputi hewan- hewan hidup yang dikirim melalui pesawat udara seperti anak ayam, kuda, kambing,ikan dan lain-lain.



3)      HUMAN REMAIN (HUM)
Adalah jenis kargo khusus berupa mayat manusia. HUM terbagi menjadi dua yaitu:
            A. Uncremated in coffin adalah mayat yang masih berbentuk jasad      yang diangkut dengan menggunakan peti jenazah.
            B. Cremated yaitu jenazah yang sudah berupa abu (ashes) dan biasanya dikirim dengan menggunakan kotak guci atau kotak kayu.

4)    PERISHABLE GOODS (PER)
adalah kargo atau barang- barang yang mudah sekali rusak, hancur, atau busuk, seperti buah-buahan, sayuran, daging, bunga, ikan dan bibit tanaman Dan Lain – Lain.

5)    VALUABLE GOODS (VAL) 
adalah barang- barang yang memiliki harga ataupun nilai yang tinggi atau bisa juga disebut sebagai barang- barang berharga seperti emas, intan, berlian, cek, platina, Dan Lain – Lain.

6)    STRONGLY SMELLING GOODS 
Adalah barang yang memiliki bau atau wangi yang sangat menyengat seperti durian, minyak wangi, minyak kayu putih, dan lain- lain.

7)    LIVE HUMAN ORGAN (LHO) 
Adalah jenis kargo ataupun barang- barang yang meliputi organ tubuh manusia yang masih berfungsi seperti bola mata, ginjal, hati, jantung, dan lain- lain sebagainya.

8)    HEAVY CARGO
Adalah barang ber-tonase atau Barang Dengan Berat diluar atau melebihi berat barang biasa.

9)    BARANG ATAU BENDA SUBVERSIF
Adalah Barang atau Benda Benda yang dilarang Oleh Pemerintah Contohnya: Buku dan DVD Bajakakan, Narkoba/Zat Adaktif Dan Lain – Lain.

BISA DIKIRIM DENGAN SYARAT

1.     Barang Pecah Belah dapat dikirim dengan Syarat Packing Barangnya sesuai dengan Standar yang telah di tetapkan Oleh Pegasus.
Untuk Barang Pecah Belah, Pada Packing Barang nya di Lapis Dengan Bubble Wrap serta di lapisi karung dan pada Packing Luarnya menggunakan Packing kayu, dan sudut atau siku pada packing kayu di buat tidak tajam sudutnya, dengan di double kardus pada siku atau sudut-sudutnya dan dilakban dengan Rapih dan di tempel sticker Fragile Serta Sticker atau di Berikan Tanda This Side Up ( ↑↑ ).

2.     Barang Perishable Goods atau Barang Mudah Sekali Rusak, Hancur, Atau Busuk untuk Beberapa Comodity bisa dikirim dengan melampirkan Documen Pendukung dan Packing Pada Barangnya Sesuai Dengan Standart Packing yang ditetapkan Pegasus.
Untuk Standart Packing Barangnya Menggunakan Styrofoam Box dan dilakban dengan Rapih serta di Wraping dan di tempel Sticker Fragile atau Perishable.

3.     Makanan Olahan dengan Melampirkan Documen Pendukung dan Packing Barangnya Menggunakan Styrofoam Box dan dilakban dengan Rapih serta di Wraping dan di Tempel Sticker Fragile atau Perishable.